Tuesday, November 16, 2010

Aktivitas Gunung Merapi Stabil

This interesting article addresses some of the key issues regarding mobil keluarga ideal terbaik indonesia. A careful reading of this material could make a big difference in how you think about mobil keluarga ideal terbaik indonesia.
Yogyakarta, (tvOne)

Aktivitas Gunung Merapi relatif stabil, meskipun masih terjadi erupsi dengan intensitas tinggi, demikian hasil pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Selasa.

Pengamatan pada Senin malam hingga Selasa pukul 06.00 WIB aktivitas gunung ini relatif stabil. Namun, secara visual terutama dari selatan, Merapi tidak bisa terpantau langsung karena tertutup kabut tebal.

Selama itu tidak terjadi awan panas, gempa vulkanik 10 kali, tremor beruntun terus terjadi, namun belum tercatat adanya gempa tektonik.

Dari sejumlah pos pengamatan Gunung Merapi dilaporkan cuaca sejak Selasa dini hari hingga pagi hari kabut pekat diselingi dengan hujan berintensitas rendah hingga tinggi. Hujan lebat terjadi pada pukul 04.30 WIB hingga pukul 05.45 WIB, sedangkan gerimis terjadi pada pukul 05.45 WIB hingga pukul 06.00 WIB.

Berdasarkan pengamatan CCTV di Deles, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, terekam Merapi tertutup kabut tipis hingga pekat sejak dini hari hingga pagi hari. Pada pukul 06.00 WIB terdengar suara gelegar seperti suara gemuruh dari gunung itu.

Namun, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta menyebutkan suara tersebut adalah suara petir, bukan dari Gunung Merapi.

Intensitas vulkanik Merapi masih menunjukkan kecenderungan cukup tinggi selama satu pekan terakhir sejak 11 November hingga 16 November 2010. "Aktivitas vulkanik Gunung Merapi sejak 11 November hingga 16 November justru meningkat," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono usai melakukan `teleconference` dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dari Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Yogyakarta, Selasa.

Berdasarkan data hasil pemantauan aktivitas seismik Merapi, pada 1 November 2010 satu kali, 12 November menjadi enam kali, 13 November menjadi 26 kali, 14 November menjadi 31 kali, 15 November menjadi 34 kali, dan pada 16 November hingga pukul 12.00 WIB tercatat sebanyak 20 kali gempa vulkanik.

Sejak 3 November 2010 hingga saat ini, kata Surono, Merapi masih didefinisikan terus meletus, hanya saja masyarakat di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta tidak pernah dapat melihat letusan itu.

See how much you can learn about mobil keluarga ideal terbaik indonesia when you take a little time to read a well-researched article? Don't miss out on the rest of this great information.

"Letusan dan abu material vulkanik tersebut justru lebih sering mengarah ke barat, sehingga abu vulkanik hasil letusan Gunung Merapi sering terjadi di Magelang dan sekitarnya," katanya.

Surono mengatakan saat ini di puncak Merapi terdapat satu lubang letusan yang cukup besar, dan tiga lubang letusan berukuran lebih kecil. "Dengan lubang letusan tersebut, pada malam hari akan terlihat tiga titik api diam di puncak Merapi," katanya.

Lubang letusan di puncak gunung tersebut, menurut dia justru positif, karena gunung berapi ini dapat melepaskan energi yang tersimpan sedikit demi sedikit.

Ia mengatakan sampai saat ini status aktivitas Merapi masih "awas" atau level tertinggi, meskipun ada pengurangan radius bahaya di sejumlah kabupaten di sekitar gunung itu.

Namun demikian, ia mengatakan pengurangan radius rawan bahaya tersebut bukan diartikan bahwa penduduk dipersilakan untuk mendekat ke batas radius baru yang ditetapkan. "Kami tidak merekomendasikan agar penduduk mendekat ke radius 10 kilometer untuk Kabupaten Boyolali dan Klaten, atau 15 kilometer untuk Magelang, tetapi rekomendasi itu didasarkan pada jarak luncur terjauh dari awan panas yang menjadi ancaman utama letusan Merapi," katanya.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, luncuran awan panas di sungai yang berada di Sleman seperti Kali Boyong mencapai jarak 10 kilometer, Kali Kuning tujuh kilometer, Kali Gendol 14 kilometer, sedangkan di Kali Apu yang berada di Boyolali jarak luncur awan panas empat kilometer, dan Kali Woro di Klaten tujuh kilometer.

Oleh karena itu, kata Surono pengurangan radius rawan bencana tersebut tidak lantas diartikan sebagai upaya untuk menurunkan status Gunung Merapi menjadi "siaga".

Ia mengatakan menurunkan status bukan hal yang mudah karena ada kekhawatiran bahwa masyarakat menjadi lengah dan melupakan ancaman bahaya gunung ini.

"Pesan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah mencegah jatuhnya korban berikutnya, sehingga masyarakat di pengungsian harus bersabar agar ada akhir bahagia dari semuanya," katanya.

PVMBG juga menerima bantuan dari sejumlah ahli vulkanologi dari negara asing seperti Jepang, Amerika Serikat (AS) dan mendapat permintaan dari China untuk pemantauan aktivitas Gunung Merapi.

Di Jepang, kata dia, pemantauan gunung berapi dilakukan dengan membuat semacam terowongan di dalam gunung untuk mengetahui secara pasti aktivitas gunung. "Saran ini bisa diusulkan untuk proses pemantauan ke depan," katanya.

So now you know a little bit about mobil keluarga ideal terbaik indonesia. Even if you don't know everything, you've done something worthwhile: you've expanded your knowledge.

No comments:

Post a Comment