Sunday, December 26, 2010

Ratusan Warga Mengungsi Akibat Banjir Lahar Dingin Merapi

Current info about mobil keluarga ideal terbaik indonesia is not always the easiest thing to locate. Fortunately, this report includes the latest mobil keluarga ideal terbaik indonesia info available.
Sleman, (tvOne)

Ratusan warga Dusun Kliwang, Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, diungsikan karena terjadi banjir lahar dingin Gunung Merapi di Sungai Opak, Minggu.

"Hujan deras yang cukup lama di lereng Gunung Merapi sejak Minggu sore mengakibatkan banjir lahar dingin di aliran Sungai Opak, sehingga ratusan warga Dusun Kliwang, Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan harus diungsikan ke tempat yang aman," kata Camat Cangkringan Samsul Bakri, di Sleman, Minggu malam.

Ia mengatakan hujan dengan intensitas tinggi sejak pukul 15.00 WIB menyebabkan banjir besar lahar dingin yang membawa material vulkanik seperti pasir dan batu besar serta kayu dari pepohonan tumbang di sepanjang Sungai Opak yang berhulu di Merapi.

"Banjir lahar dingin yang membawa material vulkanik, baik pasir maupun batu besar serta pohon yang tumbang, meluap sampai masuk ke persawahan dan perkampungan di Dusun Kliwang, Desa Argomulyo," katanya.

If your mobil keluarga ideal terbaik indonesia facts are out-of-date, how will that affect your actions and decisions? Make certain you don't let important mobil keluarga ideal terbaik indonesia information slip by you.

Menurut dia, saat ini baru satu dusun yaitu Kliwang yang warganya diungsikan, karena dua rumah warga setempat sudah kemasukkan material banjir lahar dingin.

Ia mengatakan material vulkanik yang terbawa aliran Sungai Opak juga meluap sampai ke atas jembatan, sehingga jalan kabupaten di depan Polsek Cangkringan tidak bisa dilewati kendaraan.

"Karena tertimbun material vulkanik dan derasnya air, terpaksa jalan itu ditutup dari lalu lintas kendaraan," katanya.

Menurut Samsul, warga Dusun Kliwang diungsikan ke rumah warga lain di dusun setempat di sisi barat yang lebih aman. "Jika kondisi sudah memungkinkan, warga diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing," katanya.

Babinsa Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Ngadiyono mengatakan hujan deras menyebabkan aliran air Sungai Opak menjadi deras karena jembatan di Dusun Pagerjurang sudah ambrol.

Bahkan, kata dia, air sungai yang membawa material vulkanik mengalir deras sekali karena tidak ada lagi hambatan.

"Jalan provinsi yang menghubungkan Solo dengan Magelang ditutup sementara, karena air Sungai Opak di Dusun Salam, Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan meluap ke jalan dan persawahan," katanya.

Take time to consider the points presented above. What you learn may help you overcome your hesitation to take action.

No comments:

Post a Comment