Sunday, December 27, 2009

Pendaki Tewas, Hujan Es Sempat Guyur Gunung Lawu

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa sebenarnya dengan berita indonesia? Laporan informatif ini dapat memberikan wawasan tentang segala sesuatu yang Anda pernah ingin tahu tentang berita indonesia.

Senin, 28 Desember 2009 | 09:34 WIB

TEMPO Interaktif, Magetan - Penjaga pos pantau Cemoro Sewu Magetan Agus Suwandono mengaku telah memperingatkan para pendaki agar menunda pendakian karena kondisi cuaca yang buruk di Gunung Lawu yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

œBahkan sempat turun hujan es, kata dia, Senin (28/12). Dia mengatakan hujan deras terus mengguyur pegunungan Lawu, sejak siang hingga malam, Minggu kemarin. Guyuran air hujan ini juga membuat jalur perjalanan dengan rute Cemoro Sewu menuju puncak licin.

Agus mengatakan persiapan para pendaki terlihat cukup minim. Persiapan mereka berbeda dengan persiapan pendakian yang biasa dilakukan pendaki lain. Hal ini berkaitan dengan tujuan mereka melakukan ritual suroan. œMungkin karena tujuannya untuk tirakat, kata dia.

Pikirkan tentang apa yang telah Anda baca sejauh ini. Apakah itu memperkuat apa yang telah Anda ketahui tentang berita indonesia? Atau ada sesuatu yang sama sekali baru? Bagaimana dengan sisa paragraf?

Argo Dalem, kata Agus, hanya berjarak sekitar 200 meter dari puncak Gunung Lawu yang berada di ketinggian 3.265 meter di bawah permukaan laut. Cuaca yang cukup dingin saat pendakian, serta persiapan logistik yang minim inilah, yang membuat kondisi ketahanan rombongan para pendaki menurun.

Rohim, salah seorang peserta rombongan lain, membenarkan hujan es yang terjadi di Gunung Lawu, Minggu kemarin. Sekitar pukul satu siang, es beku seukuran bulir padi turun bersama air hujan. œHujan juga disertai petir, kata lelaki berusia 29 tahun asal Semarang itu.

Dia mengatakan jalur Cemoro Sewu menuju puncak Gunung Lawu cukup curam. Dengan kondisi jalan berbatu, kemiringannya nyaris tegak.

ANANG ZAKARIA

Luangkan waktu untuk mempertimbangkan poin diuraikan di atas. Apa yang Anda pelajari dapat membantu Anda mengatasi keraguan Anda untuk mengambil tindakan.

No comments:

Post a Comment